Home
Advertisement Here

Perluas Pasar Eropa, Lenovo Akuisisi Perusahaan Jerman

BEIJING - Demi memperluas pasarnya di kawasan Eropa Barat, Lenovo telah melakukan penawaran pengambilalihan senilai lebih dari USD800 juta untuk perusahaan elekteronik Medion. Penawaran ini akan menjadi akuisisi publik pertama dari sebuah perusahaan Jerman oleh perusahaan Cina.

Produsen PC keempat terbesar di dunia telah terlibat dalam beberapa transaksi tinggi, seperti mengakuisisi bisnis PC IBM dan awal tahun ini membentuk sebuah usaha dengan Jepang NEC. Usaha ini seperti mencoba untuk merebut pangsa pasar yang lebih global.

Lenovo akan membeli 36,66 persen dari Medion Elektronik dengan harga 13 euro per saham dalam sebuah kesepakatan senilai 231 euro atau setara dengan USD34 juta.

Kesepakatan, di mana Barclays Capital adalah penasihat keuangan tunggal, membuka jalan bagi pengambilalihan penuh dalam suatu perjanjian yang bernilai sekitar USD830 juta, kata sumber dekat di perusahaan tersebut. Seperti yang dilansir IT Pro, Rabu (1/6/2011).

"Dengan kesepakatan itu, Lenovo mengharapkan pangsa pasar PC di Eropa barat untuk bangkit dari tingkat saat ini yang hanya mencapai sekira tujuh persen," jelas CEO Lenovo Yang Yuanqing.

Setelah pengumuman tersebut, Yuanqing menambahkan bahwa perusahaan terbuka untuk akuisisi lebih banyak lagi untuk mengembangkan bisnisnya.

"Jika akuisisi tersebut membantu kita untuk mewujudkan strategi kami, kami akan mempertimbangkannya. Kami berpikir baik kesepakatan NEC dan kesepakatan Medion membantu kami dalam mewujudkan strategi kami," kata Yang. (tyo)

No comments:

Advertisement