Home
Advertisement Here

Jaket Nehru Masuk di Daftar 10 Busana Politik Dunia

Add captionFoto : Jawaharlal Nehru (thefamouspeople)
NEW DELHI - Jaket dari mantan Perdana Menteri India pertama Jawaharlal Nehru menjadi populer di negaranya. Jaket itu bahkan masuk ke dalam 10 besar busana politik global dalam majalah Time.

Jaket itu merupakan model baju khas India, achkan, yang mirip dengan sebuah jubah. Baju itu juga umum dikenakan di pengadilan dan menjadi sebuah kebanggaan bagi warga India.

Pakaian Nehru akhirnya masuk ke dalam urutan ke tujuh busana politik global. Time juga memasukkan baju olah raga Fidel Castro dan safari khas Mao Tse Tung. Pakaian Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton dan kacamata dari politisi AS Sarah Palin juga dimasukkan ke dalam busana politik global.

"Ketika jaket itu dipasarkan, banyak warga negara Barat yang menyebut jaket itu merupakan "jaket Nehru," seorang Perdana Menteri India yang terkenal akan karismanya," demikian seperti dikutip Time, Jumat (13/1/2012).

Jaket yang dibuat pada 1940 silam di Jodphur, Rajasthan, India juga dikenakan oleh beberapa musisi seperti The Beatles, The Doors, dan beberapa musisi lainnya termasuk aktor-aktor Hollywood. Seorang aktor Sammy Davis Jr bahkan memiliki 200 buah jaket Nehru.

Banyak warga Barat menganggap jaket Nehru menjadi pakaian ala timur yang modis, dan juga minimalis namun mewah.(AUL)

No comments:

Advertisement