Home
Advertisement Here

Intel Atom Cedar Trail, Chip 32nm untuk Netbook

TAIPEI - Nama besar prosesor Atom nampaknya akan terus digenjot oleh Intel. Bahkan perusahaan tersebut mengklaim prosesor Atom akan mengalahkan kecepatan Hukum Moore, berkat akselerasi teknologi manufaktur dari 32nm ke 22nm hingga ke 14nm, dalam kurun waktu 3 tahun berturut-turut.

"Generasi platform Intel mendatang berbasis prosesor Atom yang ditujukan untuk tablet, netbook dan smartphone," kata Intel Corporation Executive Vice President, Sean Maloney, di acara Computex 2011, Taipei, Taiwan.

Intel sendiri tengah mempersiapkan platform netbook generasi berikutnya yang diberi nama kode "Cedar Trail”. Chipset ini merupakan platform netbook pertama yang berbasis teknologi 32nm Intel, dan akan memungkinkan desain ultra-tipis dan tanpa kipas.

Platform baru ini juga hadir dengan beberapa fitur baru seperti teknologi Intel Rapid Start yang menyediakan fast-resume, Intel Smart Connect Technology yang memungkinkan pengalaman selalu ter-update bahkan saat dalam keadaan standby, Intel Wireless Display dan PC Synch, yang memungkinkan pengguna meng-update dan melakukan sinkronisasi dokumen, konten serta media ke beberapa perangkat secara wireless.

Selain itu, platform ini diharapkan akan memiliki daya tahan baterai hingga lebih dari 10 jam masa pakai dan waktu standby hingga lebih dari sepekan. Cedar Trail juga akan mendukung sistem operasi terkemuka, seperti Microsoft Windows, Google Chrome dan MeeGo.

Maloney juga membahas "Medfield", platform 32nm pertama Intel yang dibuat khusus untuk smartphone dan tablet. "Medfield" telah dioptimalkan untuk kebutuhan daya rendah dan kinerja tinggi sehingga mampu memberikan waktu penggunaan yang panjang, kemampuan gaming dan multimedia yang kaya, serta kemampuan visual yang canggih.

Untuk mendemonstrasikan hal ini dalam tablet, Intel memamerkan sebuah prototype "Medfield" yang menjalankan Google Android 3.0 ("Honeycomb") untuk pertama kalinya.

Dalam produksi akhir tahun ini, platform ini akan memungkinkan desain di bawah 9mm dengan beratnya kurang dari 1,5 pound untuk mengisi pasar tablet di pasar paruh pertama tahun 2012. Produk baru ini akan mendukung berbagai sistem operasi termasuk Android dan MeeGo.

"Apa yang dilakukan Intel sesuai roadmap prosesor Intel Atom, bila dipadukan dengan perubahan signifikan yang kita buat dalam roadmap Core, akan terus meningkatkan kemampuan Intel dalam menghadirkan solusi hardware yang lengkap dengan pilihan platform software di seluruh spektrum komputasi," kata Maloney.
(tyo)

No comments:

Advertisement