Home
Advertisement Here

Menkominfo: Cloud Computing Masuk RUU Konvergensi

BEKASI - Demi menyambut cloud computing yang siap lepas landas di Indonesia, Menkominfo Tifatul Sembiring mengatakan bahwa isu cloud computing kini sedang digodok untuk nantinya dimasukkan ke dalam RUU Konvergensi.

"Segala yang berhubungan dengan cloud computing kini sedang kita godok untuk nantinya dimasukkan ke dalam RUU Konvergensi," ujar Tifatul, di sela acara peresmian gedung BPPTIK di Cikarang, Bekasi, Selasa (31/5/2011).

Karena cloud computing masih baru di Indonesia, maka Kemkominfo mengambil langkah untuk juga memasukannya ke dalam RUU Konvergensi, dengan tujuan agar regulasinya jelas.

"Yang harus diperhatikan dalam menyambut cloud computing nanti adalah masalah keamanannya, terutama untuk pemerintah," kata Tiffatul.

Selain itu, Tifatul juga mengatakan bahwa cloud computing untuk RUU Konvergensi, yang juga sedang dikerjakan adalah migrasi server-nya.

Ashwin Sasongko, Dirjen Aplikasi Telematika Kementrian Kominfo, mengungkapkan bahwa bisnis cloud computing di Indonesia bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan dan pengaturan dalam finalisasi RUU Konvergensi Telematika.

"Yang paling pokok dari pengaturan cloud computing nantinya adalah tetap mengutamakan faktor kemungkinan yang baik dan buruk cloud computing, dan mengakomodir kepentingan industri domestik," ujar Ashwin Sasongko.

Ashwin menyatakan bahwa di pengaturan cloud computing tersebut nantinya, pemerintah menginginkan adanya kemitraan asing dan domestik yang proporsional. (tyo)

No comments:

Advertisement