Home
Advertisement Here

Google Wallet Dituding Curi Rahasia eBay & PayPal

NEW YORK - Tidak lama setelah memperkenalkan Google Wallet, raksasa internet asal Mountain View itu dituntut oleh situs lelang eBay dan unit pembayaran online-nya, PayPal Inc, terkait sistem pembayaran mobile tersebut.

Google baru saja merilis layanan pembayaran Google Wallet yang memungkinkan pengguna smartphone untuk membayar di toko-toko semudah mereka menggunakan kartu kredit.

Namun jika banyak pihak menilai Google Wallet sebagai bentuk dompet digital masa depan, tidak demikian halnya dengan Ebay.

Mereka menuding Google telah mencuri rahasia perusahaan tentang sistem pembayaran mobile melalui Vice President of Payments Google Osama Bedier dan Head Google Commerce Stephanie Tilenius, yang pernah bekerja di eBay dan PayPal. Demikian dilansir Yahoo News, Jumat (27/5/2011).

Dalam tuntutannya, eBay mengklaim bahwa Bedier bekerja selama sembilan tahun di PayPal. Terakhir dia menjabat sebagai Vice President of Platform, Mobile and New Ventures. Sementara, Tilenius bekerja di eBay sejak 2001 hingga Oktober 2009.

Pihak eBay mengklaim bahwa PayPal dan Google sempat bekerja sama selama tiga tahun untuk mengembangkan aplikasi pembayaran PayPal menggunakan ponsel Android Google.

Kala itu, negosiasi bersama Google dipimpin dan difinalisasi oleh Bedier. Tak ayal, Google pun menuduh Bedier telah membocorkan strategi pembayaran mobile milik PayPal kepada Google sebelum akhirnya bergabung dengan perusahaan asal Mountain View itu, Januari 2011.

Juru bicara Google Aaron Zamost menyatakan pihaknya belum menerima salinan dari tuntutan hukum eBay, sehingga belum bisa memberikan komentar terkait masalah ini.
(van)

No comments:

Advertisement