Home
Advertisement Here

Samsung Ingin Kuasai Pasar Notebook

SEOUL - Samsung telah menyuarakan tujuannya menjadi nomor satu sebagai pembuat notebook. Ini artinya, perusahaan tersebut akan menjadi saingan Apple dengan lineup Macbook-nya yang laris terjual.

Dilansir Apple Insider, Sabtu (14/1/2012), setelah menikmati kesuksesan di TV cerdas dan smartphone, perusahaan asal Korea Selatan tersebut tampaknya menambah perhatiannya untuk menaklukkan pasar notebook.

“Posisi strategis dari lini produk notebook telah menjadi semakin penting, bercampur dengan keseluruhan dari Samsung Electronics. Dan tujuan utama perusahaan adalah untuk menempati peringkat atas di segmen,” demikian menurut Executive Vice President Gregory Lee, seperti dilaporkan oleh DigiTimes.

Tapi untuk mencapai tujuan tersebut, Samsung tampaknya akan menghadapi persaingan sengit dengan Apple, yang telah menuai kesuksesan berulang dengan portable Macbook baru yang dirombak ulang yaitu MacBook Air. Menurut laporan pada awal pekan ini, Apple berhasil menjual 1,2 juta unit MacBook Air pada kuartal Desember, di mana jumlah tersebut meningkat 200 ribu dari kuartal ketiga 2011.

Sebagai respon dari keberhasilan MacBook Air, Intel merilis spesifikasi desain ultrabook pada tahun lalu. Pembuat chip ini bertujuan untuk mendorong ultrabook mencapai pangsa 40 persen di pasar laptop pada akhir 2012.

Meskipun begitu, Apple merupakan satu-satunya perusahaan dari lima vendor PC teratas di Amerika Serikat (AS) dengan pengiriman yang tumbuh pada kuartal terakhir, yakni tumbuh 20,7 persen dibandingkan dengan penurunan 26,1 persen pada pengiriman dari pembuat PC top, HP. Sedangkan Samsung tidak muncul di salah satu daftar top 5 vendor PC dari Gartner, untuk pasar global ataupun AS.

Sedangkan untuk smartphone, tak perlu diragukan lagi Samsung telah menonjol dengan lini smartphone hanya dalam beberapa tahun, dengan klaim menempati posisi teratas dari Apple dan Nokia pada kuartal ketiga 2011.
(tyo)

No comments:

Advertisement