Home
Advertisement Here

Lindungi Anak dari Bahaya Internet

LONDON - Majunya teknologi tentunya memberikan keuntungan bagi manusia di muka bumi ini. Di balik segudang keuntungan, ternyata ada sisi sangat bahaya bagi perkembangan anak, terutama yang gemar menggunakan komputer.

Sederet konten yang tersaji melalui komputer bisa dibilang tidak layak dikonsumsi anak-anak. Contohnya video porno dan video musik yang semestinya dinikmati oleh orang dewasa. Dua hal ini bisa mempengaruhi mental dan prilaku anak Anda.

Untuk menghindari hal ini, semua orangtua wajib mengontrol dan mengarahkan anaknya kala membuka komputer. Perhatian yang lebih dari orang tua bisa mengurungkan anaknya untuk mencoba mengkonsumsi berbagai video orang dewasa.

Di sisi lain, banyak orang tua yang memiliki waktu sedikit untuk membimbing anaknya saat menggunakan komputer. Anda sebagai orangtua sebenarnya tidak perlu khawatir. Ada strategi lain yang bisa diterapkan bila Anda sibuk dengan dunia kerja.

Pada kondisi ini, maka orangtua harus mampu membeli komputer, perangkat atau layanan internet dengan konten dewasa yang sudah diblokir. Soalnya sangat riskan memberikan kepercayaan kepada anak untuk mengontrol dirinya sendiri.

Kajian ini dirilis Reg Bailey, Kepala Persatuan Ibu seperti dilansir BBC, Sabtu (4/6/2011).

Bailey membeberkan, selain konten video dewasa, anak Anda juga dipastikan aman dari iklan yang berbau seksualitas. Maklum, kebanyakan iklan, video dan program televisi menyajikan wallpaper gambar seksual yang dekat dengan anak-anak.

Selain itu, dibutuhkan juga dukungan dari penyedia layanan internet untuk membantu orangtua memblokir konten dewasa. Kemudian mengembangkan cara yang lebih baik, misalnya dengan pengecekan usia pengguna. (fmh)

No comments:

Advertisement